Diberdayakan oleh Blogger.

Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil - Siapa yang tidak mengetahui kacang hijau. Ya kacang hijau memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Pada masa kehamilan tentunya asupan makanan sehat penuh dengan kandungan nutrisi yang baik sangat di anjurkan. Asupan makanan sehat yang kaya aka kandungan vitamin dan mineral akan sangat membantu dalam perkembangan janin. Kacang hijau memiliki kandungan yang sangat di butuhkan wanita saat hamil. Ketiga kandungan tersebut yaitu folat, thiamin, juga zat besi.Ketiga kandungan tersebut memiliki khasiat yang sangat baik untuk calon ibu dan janin. Dan berikut beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.


Mencegah bayi lahir cacat
Kacang hijau mengandung asam folat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan janin agar terhindar lahir cacat, seperti kelainan jantung, bibir sumbing, atau kategori kecacatan yang lainnya. Oleh oleh sebab itu, ibu hamil diharuskan mengkonsumsi kacang hijau untuk menjaga kesehatan calon si buah hati. 

Memenuhi Asupan Gizi 
Protein yang lumayan tinggi terdapat kepada kacang hijau kira kira 24%. Bagi calon ibu, konsumsi kacang-kacangan merupakan cara untuk memenuhi sumber protein nabati. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang lainnya yaitu dapat melebatkan rambut si buah hati. Dikarenakan salah satu sel rambut memerlukan asupan gizi protein dan bisa didapatkan bersama konsumsi kacang hijau. 

Mencukupi energi untuk ibu hamil
Tentunya pada masa kehamilan banyak calon ibu merasa cepat lelah. Pada masa kehamilan tentunya masalah ini harus bisa di hindari. Pasalnya pada masa kehamilan dan masa menyusui bunda memerlukan lebih banyak energi. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada kacang hijau merupakan pilihan tepat untuk memningkatkan energi ibu hamil.

Mencegah osteoporosis pada ibu hamil 
Kandungan mineral yang cukup tinggi pada kacang hijau yaitu zat besi dan kalsium. Jika bunda mengkonsumsi kacang hijau rebus maka manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tulang bunda. dan janin. Tidak hanya itu kacang hijau dapat mencegah bunda terkena osteoporosis saat hamil. 

Memperbaiki jaringan sel yang rusak setelah melahirkan
Kacang hijau mengandung protein yang lumayan tinggi di bandingkan bahan makanan yang lain seperti ikan, daging atau telur. Protein yg terkandung cukup kompleks asam amino essensial dan non essensial maka ibu hamil wajib mengkonsumsinya. Khasiat yang terkandung pada protein nabati di kacang hijau dapat memperbaiki sel-sel yang rusak setelah melahirkan. Maka sangat dianjurkan untuk ibu hamil mengkonsumsi kacang hijau. Tidak hanya itu kandungan kacang hijau juga sangat baik untuk pertumbuhan bayi 

Kandungan vitamin yang beragam
Salah satu sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil ialah kacang hijau, dikarenakan mengandung beraneka ragam vitamin yang berguna untuk ibu dan buah hati. Vitamin yang terkandung pada kacang hijau yaitu vitamin A, B1, B2 dan C. Vitamin A sendiri mempunyai fungsi untuk mencegah bayi lahir premature dan baik untuk kesehatan mata bayi yag di temukan dari ASI. 

Sedangkan vitamin B1 dan B2 sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayi, sebab mampu menghilangkan rasa stress diwaktu melahirkan juga mempermudah pertumbuhan jaringan. Untuk vitamin C pada kacang hijau bermanfaat meningkatkan kesuburan dan antioksidan bagi si calon ibu.

0 Responses to “Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil”

Posting Komentar