Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Di Indonesia sendiri daun katuk banyak di manfaatkan sebagai salah satu obat tradisional untuk melancarkan ASI, obat borok, bisul juga demam. Daun katuk sendiri adalah tipe tanaman oerdu yang memiliki nama latin Sauropus androgynus (L) Merr. Daun katuk masih termasuk dalam keluarga ruphoebiaceae. Daun katuk sendiri memang sudad sejak lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Tentunya beberapa kandungan nutrisi pada daun katuk memang dinilai sangat tinggi.

Sudah sejak lama jika daun kaktuk sangat populer dengan khasiatnya yaitu melancarkan produksi ASI. Daun katuk mengandung senyawa fitofarmaka yang berkhasiat juga sebagai obat. Sedikitnya terdapat tujuh senyawa aktif dalam daun katuk yang sangat baik untuk merangsang pembentukan hormon-hormon sterooid diantaranya progesteron, estradiol, testosteron, glukokortiroid dan senyawa eikosanoid seperti progtaglandin, prostaksiklin, tromboksan, klipoksin, leukotrin.


Beberapa kandungan yang di miliki daun katuk yaitu kalori, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B, Vitamin B1, Vitamin C, tanin, saponin, flavonoid, alkaloid. Kandungan kalori, protein, dan karbohidrat daun katuk hampir sama dengan kandungan pada daun pepaya dan daun singkong. Sedangkan kandungan zat besi dan proteinnya dinilai lebih tinggi dari daun pepaya dan daun singkong. Senyawa fitokimianya seperti tanin, saponin flavonoid, dan alkaloid papaverin berpotensi juga sebagai bahan obat alami. 

Dan berikut ini beberapa manfaat daun katuk untuk ibu hamil dan menyusui:

Meningkatkan kalsium ibu hamil 
Daun katuk sangat baik dikonsumsi wanita pada masa kehamilan. Daun katuk memiliki kandungan kalsium yangs angat tinggi. Pada masa kehamilan wanita kandungan kalisum sangat di butuhkan 2x lipat lebih banyak. Hal tersebut memiliki manfaat untuk menunjang pertumbuhan janin dalam kandungan. Tidak hanya untuk janin saja, ibu hamil juga membutuhkan kalsium untuk kesehatan tulang, karena semakin bertambah usia kehamilan maka bobot pun semakin naik. Tulang yangs ehat dan kuat dapat membantu menopang beban tubuh yang berat. Untuk memperoleh manfaat daun katuk tersebut ibu hamil bisa mengkosumsi sayur bening daun katuk. Cara membuatnya sama dengan memasak sayur bening lainnya.

Melancarkan ASI 
Tidak cuma baik untuk ibu hamil, daun katuk pun sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan dan menyusui. Daun katuk mempunyai kandungan tannin, saponin, asam amino danflavanoid. Zat tersebut dapat membantu memperlancar produksi ASI. 

Penangkal flu 
Pada masa kehamilan tentunya ibu hamil harus lebih memperhatikan kesehatannya. Salah satu gangguan kesehatan yang serng muncul yaitu flu. Meskipun bukan penyakit berat, namun flu dapat mempengaruhi kesehatan janin. Mengkonsumsi daun katuk dapat membantu menjaga stamina ibu hamil dan daya tahan tubuh, sehingga flu dapat di cegah dan janin akan tetap sehat.

Mengatasi hipertensi 
Masalah hipertensi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Tentunya penanganan yang cepat dan tepat akan sangat membantu. Dalam daun katuk terdapat kandungan kalsium yang dapat mengatasi hipertensi. Kadar kalsium yang sangat rendah dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Dan untuk mengatasinya mencoba mengkonsumsi daun katuk akan sangat membantu, karena daun katuk memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

0 Responses to “Manfaat Daun Katuk Untuk Ibu Hamil dan Menyusui”

Posting Komentar