Diberdayakan oleh Blogger.

Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Muda Yang Harus Diketahui

Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Muda Yang Harus Diketahui - Posisi tidur yang nyaman bagi ibu dan aman bagi janin memang menjadi topik yang harus di ketahui sejak dini. Pada awal kehamilan pentingnya mengetahuio posisi yang benar saat tidur akan membuat nyaman calon ibu dan aman bagi janin. Tentunya bunda tidak bisa tidur dengan posisi seenaknya karena mengingat ada sang janin di dalam pertu bunda. Tentunya perubahan perut yang semakin membesar menyebabkan ibu merasa tidak nyaman untuk tidur. Ya hal ini memang wajar saja terjadi, namun beberapa tips berikut ini bisa membanru bunda dalam mengatur posisi tidur yang benar pada masa kehamilan. Selain nyaman untuk bunda juga aman bagi perkembangan janin.


Memasuki usia kehamilan trimeseter ke dua dan keriga tentunya kondisi perut yang semakin membesar terkadang membuat bunda meraas tidak leluasa bergerak. Apalagi untuk posisi tidur, bunda tentunya harus mengetahui beberapa posisi tidur yang sangat di anjurkan pada masa kehamilan. Tentunya membuat bunda merasa nyaman dan aman bagi bayi.

Tengkurap 
Untuk ibu hamil muda yang kondisi perutnya tidak terlalu besaer tidur dengan posisi tengkurap ini dinilai masih aman. Namun untuk bunda yang memasuki kehamilan trimester ke dua dan ketiga posisi tidur tengkurap memang tidak di anjurkan. Hal ini disebabkan karena akan mengurangi kelancaran peredaran darah antara sang ibu  janin. Juga menyebabkan rasa mual bagi sang ibu.

Terlentang 
Posisi terlentang yaitu posisi yang paling aman dan paling nyaman untuk semua orang termasuk untuk wanita hamil. Untuk wanita hamil muda posisi terlentang ini sangat dianjurkan karena posisi terlentang dapat menciptakan rasa nyaman pada saat tidur. Sedangkan bagi bunda yang kehamilannya telah memasuki umur 16 pekan atau kondisi perut sudah membesar posisi tidur terlentang ini justru kurang disarankan. Karena posisi terlentang akan menyebabkan beban rahim dapat bertumpu pada sektor belakang seperti usus serta vena cava inferior. Hal tersebut menyebabkan adanya gangguan kesehatan yang muncul bagi ibu hamil seperti sakit pinggang, ganjalan pencernaan juga wasir. Bahkan posisi tidur ini pun dapat lumayan memengaruhi tekanan darah. 

Posisi Miring Kanan Atau Kiri

Posisi tidur miring kanan atau kiri menjadi posisi tidur yang sangat dianjurkan untuk bunda yang telah memasuki usia kehamilan 16 minggu. Posisi tidur ke sebelah kiri dapat memberikan keuntungan untuk bayi agar mendapat aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta dikarenakan adanya vena besar(vena cava inferior ) dibagian belakang sebelah kanan svina yg mengembalikan aliran darah ke bagian bawah ke jantung. Juga dapat menolong ginjal untuk membuang sisa product serta cairan dari badan ibu sehingga akan mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki juga tangan.

0 Responses to “Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Muda Yang Harus Diketahui”

Posting Komentar